Manfaat dari Makanan Berserat bagi kesehatan

Serat adalah makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Manfaat dari makanan berserat yaitu menjaga kesehatan pencernaan usus, membantu menjaga berat badan, menjaga kulit yang sehat, mencegah batu empedu dan batu ginjal, menurunkan kolesterol, pencegah kanker, mencegah diabetes, mencegah stroke, serta mampu menjaga kesehatan Jantung.

Ada banyak jenis makanan berserat yang mudah ditemukan  dalam kehidupan seperti buah pisang, brokoli, buah apel, buah Mangga, buah alpukat, buah sawo, Buah Pir, Jagung,  kubis, Asparatus, Beras Merah, kacang Almond, Kedelai, Kentang, Oatmel, gandum utuh.

Berikut adalah manfaat dari makanan berserat bagi kesehatan tubuh Kita:

1. Menjaga Kesehatan pencernaan

Zat Karsinogen yang terdapat dalam usus akan mampu diikat oleh serat, sehingga bisa lebih mudah bergerak dan dikeluarkan dengan cepat melalui saluran pencernaan.
Dengan mengonsumsi makanan berserat dalam menu diet sehari-hari dapat mencegah kita dari penyakit wasir.  Serat yang terdapat di dalam pencernaan dapat membantu mengeluarkan limbah melewati usus tanpa meninggal residu, sehingga mampu membantu mengurangi risiko kanker pada usus besar dan mengatur gerakan usus dengan baik.

2. Menjaga Berat Badan

Dengan mengonsumsi makanan berserat, maka rasa lapar bisa diatur dan diperlambat. Mengonsumsi biji-bijian serta lebih banyak makan buah dan sayuran akan membuat tubuh lebih cepat merasa kenyang. Dengan menambahkan menu makan berserat setiap hari, akan membuat rasa lapar diatur secara alami dan pada akhirnya mencegah obesitas. Menurut penelitian obesitas akan memperbesar peluang mengakibatkan penyakit yang berbahaya, seperti diabetes, darah tinggi, asam urat, dan lain-lain.

3. Menjaga Kulit yang Sehat

Mengonsumsi makan berserat sangat penting dalam membantu membersihkan tubuh dari racun, secara tidak langsung mampu mempengaruhi kesehatan kulit Anda.  Dengan mengonsumsi makan berserat seperti buah-buahan dan sayuran berdaun hijau, maka akan mampu mengikat kolesterol dan bahan beracun secepatnya dan mengeluarkannya melalui proses pencernaan.
Racun yang terdapat di dalam pencernaan dapat mempengaruhi seluruh tubuh kita, dan yang paling mudah terdeteksi adalah pada kulit. Kulit yang sehat adalah merupakan suatu ciri proses aliran darah yang baik, yang terjadi ketika pencernaan telah dibersihkan  dari racun.

4. Mencegah Batu Ginjal dan batu empedu 

Serat juga diketahui mampu mencegah sebagian besar insulin untuk  masuk ke aliran darah dalam proses pencernaan. Hal ini akan mencegah terbentuknya batu empedu dan batu ginjal.

5. Menurunkan Kolesterol

Dengan mengonsumsi makan berserat dapat mengikat kolesterol selama proses pencernaan berlangsung, sehingga dapat mencegah usus untuk menyerap kolesterol yang berakibat penyumbatan pada arteri. Hal ini akan mampu menurunkan kadar Kolesterol Jahat (LDR) di dalam darah.

6. Pencegahan Kanker

Peneliti juga menemukan bahwa serat mampu membantu meningkatkan seberapa cepat proses makan untuk melewati saluran pencernaan,  dengan begitu akan mampu mencegah risiko beberapa jenis kanjer. Beberapa kanker mampu dicegah yaitu kanker usus besar, kanker ovarium, kanker rahim, kanker payud*ra.

7. Membantu Diabetes

Makanan berserat seperti buah-buahan dan sayuran dapat membantu mengatur  gula dalam darah, makanan berserat merupakan kunci dalam pencegahan diabetes. Bagi penderita penyakit diabetes mengonsumsi makanan berserat bisa mengubah dosis obat yang dianjurkan. 

8. Mencegah Stroke

Suatu studi penelitian ditemukan bahwa, dengan meningkatkan asupan makanan berserat dalam diet Anda mampu menurunkan resiko stroke. Menurut American heart Association, sebanyak 25 gram makanan berserat harus dikonsumsi dalam menu diet kita sehari. Makanan berserat dapat kita peroleh dengan mengonsumsi sayuran, buah-buahan dan biji-bijian.

9. Menjaga Kesehatan Jantung

Tahukah Anda penelitian telah menunjukkan dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi, yaitu 5 porsi buah dan sayuran per hari mampu mencegah penyakit jantung.

Ini berbagai manfaat dari makanan berserat, semoga bermanfaat dan jagalah selalu kesehatan Anda.  

Thank you for reading the article about Manfaat dari Makanan Berserat bagi kesehatan in blog Cari Tau Manfaat Dari if you want to deploy this article are required to include a link as the source , and if this article useful please bookmark this page in your web browser , by pressing Ctrl + D on your keyboard keys.

Latest Articles :