Ternyata Inilah Manfaat dari Nuklir itu

Ilustrasi Gambar
Manfaat dari Nuklir bukan hanya untuk membuat senjata pemusnah massal. Teknologi ini bekerja dengan reaksi inti Atom yang banyak di pergunakan pada berbagai bidang seperti bidang medis, industri, pertanian, listrik dan bahkan senjata nuklir. Tahukan Anda alat pendeteksi asap yang ada di gedung-gedung perkantoran atau di rumah banyak dirancang dengan memanfaatkan teknologi nuklir. 

Secara tidak sadar manfaat nuklir bagi kehidupan manusia begitu banyak diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, padahal banyak sekali orang takut akan teknologi nuklir ini karena kebanyakan secara umum orang hanya  mengetahui teknologi ini adalah suatu teknologi yang amat berbahaya bagi kehidupan.

Pada tahu 1954 di Indonesia sendiri sudah dicetuskan tentang gagasan untuk pemanfaatan dan pengembangan pada teknologi Nuklir ini. Dan pada akhirnya terbentuklah suatu lembaga pemerintahan non kementrian yaitu Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) yang berfungsi untuk mengeksplorasi manfaat tenaga Nuklir untuk penelitian, pengembangan serta pemanfaatannya.  Penelitian yang dilakukan BATAN itu sendiri membuahkan hasil untuk banyak bidang terkecuali pada bidang senjata pemusnah massal.

Adapun manfaat dari teknologi nuklir selain penggunaan untuk senjata adalah sebagai berikut :

1.    Manfaat nuklir di bidang kesehatan

Hanya Ilustrasi sumber google.com
Pemanfaatan teknologi Nuklir salah satunya adalah dengan cara mengaplikasikannya pada bidang kesehatan, pada umumnya dibagi menjadi dua bidang yakni pada bidang diagnosa dan  terapi radiasi. Pemanfaatan yang umum yang digunakan untuk pengaplikasian perawatan penyakit kanker bagi penderita kanker.

Salah satu hasil dari pengembangan teknologi ini di bidang kesehatan adalah penciptaan Sinar X yang merupakan buah dari hasil teknologi Nuklir selama ini. Selain itu juga diaplikasikan pula pada penggunaan Teknesium yang diberikan pada molekul organik, kemudian melakukan pencarian jejak radioaktif pada tubuh manusia sebelum diekspresikan oleh ginjal, dan berbagai aplikasi lainnya.

Di bidang pemanfaatan teknologi ini sering disebut dengan istilah Kedokteran Nuklir. Hingga saat ini pemanfaatan teknologi ini pada bidang medis diakui sangat efektif .  Pada ibu hamil dan menyusui kemungkinan terjadi kontraindikasi absolut pada pemanfaatan terapi Kedokteran Nuklir.  Selain itu, untuk kontraindikasi yang relatif umumnya tergantung pada kondisi penderita.

Pada akhirnya dapat disimpulkan, bahwa pemanfaatan nuklir itu sangat bermanfaat sekali, bukan hanya untuk pemusnah massal tetapi juga untuk pemusnah untuk suatu penyakit.

2.    Manfaat nuklir di bidang Industri

Hanya Ilustrasi sumber google.com
Tentu saja pengembangan teknologi Nuklir tidak hanya terbatas pada satu bidang saja, pada bidang industri adalah suatu bidang yang dijadikan prioritas utama. Dan hasilnya begitu banyak perusahaan-perusahaan memanfaatkan teknologi ini  untuk kegiatan perindustriannya. 

Salah satu contoh pada saat melakukan eksplorasi minyak dan gas, manfaat dari teknologi nuklir sangat penting yang berfungsi sebagai teknologi yang mampu menentukan sifat dari bebatuan yang ada di sekitar eksplorasi seperti berbatuan Porositas ataupun Litografi.  Pemanfaatan Nuklir dalam hal ini yakni dengan cara menggunakan neutron maupun sumber sinar gamma serta detektor radiasi yang di tanamkan pada batuan yang diteliti tersebut.

Kemampuan paparan radiasi Nuklir adalah memiliki daya tembus yang tinggi sehingga efektif apabila digunakan melakukan pemeriksaan bahan tanpa merusak bahan ataupun tekstur yang bahan yang diteliti.

Dalam bidang konstruksi jalan, teknologi Nuklir sangat membantu dalam perancangan konstruksi jalan, seperti dalam hal mengukur kelembaban serta kepadatan. Penggunaan teknologi ini dengan cara mengukur kepadatan tanah, aspal, ataupun beton menggunakan cesium-137 sebagai sumber energi nuklirnya.

3.    Manfaat nuklir di bidang pertanian

Hanya Ilustrasi sumber google.com
Radiasi Nuklir sangatlah berbahaya bagi makhluk hidup, namun bagaimana dengan pemanfaatan nuklir di bidang pertanian? Kalau begitu apakah makanan yang kita konsumsi terkontaminasi radiasi? Dalam hal penelitian Nuklir bidang pertanian ada istilah Irradiasi makanan.

Irradiasi makanan adalah suatu proses memaparkan bahan makanan dengan sistem ionisasi radiasi, mungkin ini terdengar berbahaya yang membuat makanan itu menjadi beracun untuk di konsumsi. Namun jangan khawatir bahwa proses ini aman bagi kesehatan. Proses ini bertujuan untuk menghancurkan berbagai macam jenis mikroorganisme, virus, bakteri bahkan serangga yang diperkirkan ada di pada makanan.

Efeknya membuat mikroorganisme tidak mampu berkembang biak lagi pada bahan makanan dan akhirnya akan menguntungkan para konsumen, petani dan industri makanan tersebut. Melalui proses Irradiasi makanan ini memanfaatkan teknik radiasi sinar X, sinar gamma, serta elektron yang dihasilkan oleh pemercepat elektron.


Teknologi Nuklir juga bermanfaat untuk pencegahan proses pertunasan, peningkatan hasil buah, menghambat pemasakan buah serta mampu meningkatkan rehidrasi pada tumbuhan.  Pemanfaatan teknologi Nuklir dibidang pertanian masih banyak masyarakat yang belum mengetahuinya, dari waktu ke waktu penggunaannya pun dalam kehidupan semakin meningkat.

Di Indonesia sendiri, pemanfaatan teknologi Nuklir di bidang pertanian masih sedikit masyarakat yang mengetahuinya dan BATAN pun menghimbau agar masyarakat tidak perlu cemas akan hal-hal yang negatif. 


4.    Manfaat nuklir di bidang Listrik

Hanya Ilustrasi sumber google.com
Nuklir sudah lama di manfaatkan untuk pembangkit listrik. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir merupakan pembangkit listrik yang bekerja memanfaatkan panas yang di hasilkan dari satu atau lebih dari reaktor nuklir pembangkit listrik. Ada banyak sekali keuntungan PLTN dibanding pembangkit listrik lain, diantaranya adalah tidak akan menghasilkan emisi gas rumah kaca pada operasi normal.

Sebenarnya banyak sekali keuntungan dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir dibandingkan dengan pembangkit listrik lainnya, seperti tidak akan menghasilkan emisi gas rumah kaca.  Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir juga tidak akan menghasilkan gas yang berbahaya seperti Mercury, Karbon Monoksida, Sulfur Dioksida, Nitrogen Oksida, aerosol dan lain sebagainya.

Dengan berkembang pesatnya teknologi di berbagai bidang, tentu saja manfaat dari Nuklir akan semakin banyak ditemukan untuk pengaplikasian dalam kehidupan sehari-hari.
Thank you for reading the article about Ternyata Inilah Manfaat dari Nuklir itu in blog Cari Tau Manfaat Dari if you want to deploy this article are required to include a link as the source , and if this article useful please bookmark this page in your web browser , by pressing Ctrl + D on your keyboard keys.

Latest Articles :